Sabtu, 03 Desember 2011

Pengertian Puisi


     Kata puisi berasal dari bahasa Yunani, poesis yang berarti membuat atau menciptakan. Puisi dalam arti yang sederhana, tersusun oleh satuan yang disebut baris(kalimat) dan bait (paragraf dalam puisi). Dibentuk dan dibungkus oleh susunan baris  dan bait tersebut.
1. Ciri umum puisi
a. Pola bunyi (rima)
Rima adalah panatan unsur bunyi yang ada dalam kata. Panatan ini merupakanpengulangan bunyi yang sama pada satuan baris atau pada baris-baris berikutnya dalam bait.
Pada puisi lama, seperti pantun dan syair, pola bunyi bersifat tetap. Pantun memiliki pola bunyi ab-ab, sedangkan syair berpola aa-aa, sedangkan puisi modern disusun untuk mendapatkan efek tertentu, seperti keselarasan bunyi.
b. Irama (ritme)
Irama sangat jelas terlihat pada puisidibacakan. Intonasi, penekanan kata, tempo, (cepat lambat pengucapan) dan penataan rima memunculkan irama puisi.
c. Pilihan kata
Kekuatan utama ekspresi ada pada pilihan kata (diksi). Kata-kata yang dipilih penyair berfungsi untuk menyampaikan maksud atau makna puisi. Kata-kata juga dipilih sesuai efek bunyi yang ditimbulkan jika dibacakan.
d. Makna puisi
Puisi merupakan ekspresi perasaan, pikiran, pendapat, atau sikap enulisnya terhadap sesuatu. Dengan demikian, makna puisi juga terkait dengan apa yang ingin disampaikan oleh penyair.
Setiap puisi memiliki tema atau pokok persoalan yang ingin diungkapkan penulisnya. Ada tema yang mudah dikenali dan ada pula tema yang tersembunyi (tersirat). Tema tersirat harus ditafsirkan sendiri oleh pembaca puisi.
2. Menulis puisi
Menulis karya satra termasuk puisi, adalah mengelola proses kreatif. Proses kreatif adalah serangkaian langkah-langkah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menghasilkan suatu karya.  Lankah-langkah menulis puisi
1. Sumber inspirasi
- Membaca 
- Melatih kepekaan
2. Penulisan
3. Publikasi

Membaca Puisi
Langkah-langkah untuk membaca puisi
1. Persiapan
a. Teknik yang harus dikuasai adalah teknik vokal (kejelasan lafal dan nyaring) dan penampilan ekspresi wajah, mimi, gerak tubuh.
b. Perhatika irama, suasana, dan pilihan kata.
c. Tanda-tanda yang dapat digunakan

0 komentar:

Posting Komentar